Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

Tanaman hybrida, kelemahan dan keunggulan

image

Sering sekali kita membaca dan mendengar tentang hybrida. Konsep hybrida didasarkan pada penelitian seorang ahli botani kebangsaan austria Gregory Mendel dengan hukum pewarisan hereditasnya (hukum mendel I dan II)

Pada dasarnya tanaman hybrida berasal dari benih hybrida yang terbentuk dari hasil persilangan dua bunga dari dua tanaman indukan yang berbeda. Sifat heterosis hasil persilangan itu yang kemudian menghasilkan benih hybrida dengan sifat superior.

Kedua indukan biasanya sudah mengalami stress kawin dalam (inbreeding depression) sehingga karakter yang diinginkan terjaga (seragam secara penampilan=homogen dan secara genetik=homozygot). Dua atau lebih karakter pada indukan yg terjaga kemudian saling kawin silang untuk mendapatkan gabungan sifat unggul komersial.

Ini yang menjadi keunggulan tanaman hybrida, seorang breeder bisa mengarahkan dan mengumpulkan karakter dan sifat apa saja yg diinginkan sehingga menghasilkan tanaman dengan nilai jual tinggi.

Tanaman hybrida pada umumnya memiliki sifat unggul yang diinginkan oleh pasar, misal rasa, bentuk buah, yield (hasil), umur panen, dan juga yang tidak kalah penting adalah ketahanan akan penyakit, hama dan virus.

Ada aspek konsekwensi negatif dari hasil persilangan tanaman hybrida ini, sejarah indukan yang selalu dibuat stress mengakibatkan semua gen dan enzim dari tanaman tersebut beradaptasi terhadap kondisi stress.

Ibarat manusia yang mempunyai silsilah dari generasi keluarga miskin, kemudian saat diberi kesempatan memenangkan undian untuk menjadi superior maka dia akan menjadi manusia rakus.
Hal ini yang terjadi pada tanaman hybrida, dalam perkembangannya dia membutuhkan asupan nutrisi berlebih untuk menunjukkan karakter unggulnya.

Dari aspek fisiologis, tanaman hybrida adalah tanaman yang boros akan nutrisi, namun dari aspek produktifitas dan nilai komersialnya-pemborosan nutrisi itu bisa dianggap bukanlah sebuah kelemahan.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...