Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

Tanaman Cabai Merah Pot Polybag Trend 2016

Benih.infoTanaman Cabai Merah di Pot Trend 2016 sangat berhubungan erat dengan semakin berkembangnya Urban Farming yang setiap hari semakin banyak penggemarnya. Di Indonesia Urban Farming mulai dikenal luas pada awal tahun 2013. Semakin Hari Urban Farming semakin Pesat perkembangannya, termasuk di tahun 2016 ini.

Simak artikel kami :  Tak ada panen tanpa diawali permulaan

Bibit cabai di pot / polybag

Tanaman Cabai Merah di Pot salah satu Favorit Urban Farming

Harga cabai terus melambung tinggi, mungkin itu alasan utama bagi warga kota kota besar di Indonesia di Jakarta, Medan, Bandar Lampung, Palembang, Yogyakarta/Jogjakarta, Bandung, Malang, Semarang, Surabaya, Pontianak, Balikpapan, Makassar, Samarinda, Denpasar ataupun Kota Kupang.

Dengan tanaman cabai Merah di pot, pecinta tanaman mendapatkan cabai Merah kualitas segar karena mendapatkan langsung di tanaman cabai merah milik sendiri. Kepuasan Batin mengiringi, karena perjuangan merawat Benih cabai merah setimpal dengan hasil yang di dapat. Anda Setuju ?

Tanaman cabai merah di pot

Cara menanam Tanaman Cabai Merah di pot/polybag untuk Urban Farming

A. Tahap Persiapan Menanam Tanaman Cabai

Untuk tahap awal adalah pembibitan Tanaman cabai merah. Pembibitan terbaik dengan Benih  terbaik Bersertifikat bisa diperoleh disini. Setelah Anda mendapatkan Benih Cabai Merah tahap selanjutnya adalah penyemaian benih cabai. Gunakan Polybag kecil, jika tidak memungkinkan anda bisa menggunakan gelas plastik bekas minuman mineral,  gabustipis yang digulung atau cara paling sederhana adalah menggunakan petakan tanah di pekarangan anda.

Gunakan Media tanam campuran tanah dan sedikit pasir, campurkan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 dengan pasir. Penggunaan pupuk kandang atau pupuk kompos sebaiknya di ayak terlebih dahulu agar akar dapat menyerap unsur hara.

B. Tahap Penanaman Tanaman Cabai di Pot / Polybag

Gunakan pot keramik, tembikar, plastik yang memiliki lubang di bagian bawah agar sistem pembuangan air bisa lancar. Isi dengan tanah setengah tambah media tanam sekam di atasnya, padatkan agar cukup kuat untuk menyokong akar tanaman cabai, buat lubang di tengah tengahnya.

Pindahkan Bibit tanaman Cabai dengan hati hati, tusuk tusuk bagian pinggir tanah di mini Polybag / gelas plastik. Angkat perlahan tanah, masukkan ke dalam lubang yang telah disiapkan. Perlu diparhatikan, saat memindahkan bibit harus dengan hati hati jangan sampai merusak akar bibit cabai merah.

C. Tahap Pemeliharaan

Pemeliharaan yang baik tentu saja menghasilkan Panen yang melimpah. Anda bisa meletakkan pot / polybag di bawah cucuran talang agar mendapatkan limpahan air hujan, namun jika musim kemarau tiba tentu saja anda harus menyiraminya secara manual. Siram tanaman 3 hari sekali, atau tiap hari jika cuaca benar benar panas. Tanaman Cabai tidak terlalu membutuhkan banyak air, malah jika terlalu banyak airakan membuat tanaman ini cepat layu dan busuk.

Petik secara rutin daun anakan agar tanaman cabai tumbuh ke atas dan tidak rimbun ke samping. Saat tanaman tumbuh sekitar kurang lebih 20 cm, beri batang bambu sebagai penopang tanaman agar tidak jatuh ke tanah.

Dengan Perawatan yang baik, Panen Cabai Merah bisa didapatkan dalam 2 Bulan dan Umur Tanaman cabai merah bisa sampai 2 tahun dengan 15 – 18 kali masa tanam.

Cabai Merah di Pot

Simak juga : Membuat benih cabe untuk rumahan

 

 

 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...