Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

Tak ada panen tanpa diawali permulaan

image

Tak ada kesuksesan tanpa ada permulaan. Mungkin itu adalah petuah bijak yang cukup masuk akal dalam bercocok tanam. Semua harapan dan mimpi untuk panen tak akan ada terjadi seandainya kita tidak menanam ;p

Faktor keberhasilan suatu penanaman bukan diawali dari pemilihan benih/bibit, tapi diawali dengan persiapan media semai. Konon keberhasilan penyemaian bukan hanya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman tetapi juga psikologis petaninya.

Pembuatan dan pemilihan media semai haruslah memperhatikan beberapa aspek penting seperti aerasi udara, porositas media, suhu, kelembapan dan juga kapasitas lapang dalam menahan air.

Banyak sekali contoh media semai, umumnya media semai yang digunakan adalah tanah dan kertas. Pada dasarnya semua bahan yang bisa memenuhi segala aspek penyemaian diatas bisa menjadi media semai asalkan media tersebut harus steril dari bakteri dan jamur merugikan.

Biasanya media semai untuk tanaman cucurbitaceaeĀ  dan crucifera menggunakan arangsekam, pukan dan sabut kelapa yang masih bertekstur kasar dengan komposisi seimbang. Ini dikarenakan perakaran tanamannya lebih halus dan lembut (sulit menembus permukaan yang rapat dan keras).

Namun untuk solanaceae, media semai yang umum digunakan hampir sama dengan media semai diatas namun ditambahkan tanah. Hal ini disebabkan tanaman solanaceae memerlukan umur semai yang relatif lama lk 21 hari. Untuk itu dalam perkecambahannya memerlukan nutrisi dari media tanah.

Pintarlah dalam memilih benih dan jenis tanaman, tapi bijaksanalah dalam memilih media semai šŸ˜‰


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...