Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

Mengenal Adaptasi Tanaman

Benih.info – tanaman adalah makhluk hidup, salah satu sifat yang dimiliki mahkluk hidup adalah adaptasi. Sifat adaptasi adalah respon mahkluk hidup terhadap lingkungannya untuk dapat bertahan dan berkembang.

Tanaman beradaptasi untuk merespon kondisi luar yang tidak menguntungkan dengan cara mulai perubahan enzim/hormon hingga perubahan morfologi tubuhnya. Perubahan ini tidak terjadi secara instant, tanaman terus menerus berkembang sehingga membuat dirinya bertahan untuk waktu yang lama.

Adaptasi tanaman berbeda-beda tergantung dari domestifikasi dimana dia dibudidayakan, umumnya adaptasi tanaman adalah bentuk respon terhadap panjang pendek intensitas penyinaran matahari. Intensitas penyinaran matahari tergantung ketinggian daerah tersebut, semakin tinggi tempat maka intensitas penyinaran matahari semakin berkurang.

Ini yang membedakan tanaman dataran rendah dan dataran tinggi. Tanaman dataran rendah umumnya berbunga dan berbuah bila mendapatkan intensitas penyinaran matahari lebih dari 10 jam. Sebaliknya, tanaman dataran tinggi berbunga/berbuah bila kurang dari fase kritisnya.

Untuk itu sangatlah penting memahami jenis tanaman yang akan kita tanam, jangan sampai salah memilih varietas dan tempat sehingga tanaman tersebut tidak berbunga/berbuah.
Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...