Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

Hindari Demam Berdarah dengan Tanaman Serai

Benih.info – hindari demam berdarah dengan tanaman sereh merupakan cara jitu dan murah. Memasuki musim penghujan 2016 menteri kesehatan sudah mencanangkan KLB demam berdarah.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang merupakan vektor utama penularan penyakit demam berdarah. Karena itu pengendalian vektor ini lebih penting dibandingkan pengobatan penyakit demam berdarah.

Salah satu cara pengendalian nyamuk Aedes aegypti adalah dengan tanaman alami yang mengeluarkan bau sehingga nyamuk tidak betah.

Tanaman serai yang mengandung senyawa sitronela mempunyai sifat racun (desiscant) ke nyamuk. Menurut cara kerjanya racun ini seperti racun kontak yang dapat memberikan kematian karena kehilangan cairan secara terus-menerus sehingga tubuh nyamuk kekurangan cairan.

Untuk budidaya tanaman serai sangatlah mudah dan murah, batang serai bisa kita beli di tukang sayur keliling, cuci bersih batang serai, potong lebih kurang 20 cm, kemudian rendam dalam gelas berisi air, 3 hari kemudian saat akar sudah muncul pindah tanamkan ke pot, rawat dengan rutin menyiram air.

Pot yang berisi tanaman serai itu bisa kita tempatkan di sudut halaman rumah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk seperti tempat sampah, kolam ikan, genangan air dll.

Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...