Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

Downey Mildew Pada Tanaman Cucurbitaceae

Benih.info – Downey Mildew pada tanaman cucurbitaceae sering kali kita jumpai, bagi masyarakat awam yang tidak paham dengan istilah downey mildew mungkin lebih paham tentang penyakit “kresek”. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Pseudoperospora cubense

Gejala awal tanaman ini adalah bercak basah mengikuti bentuk tulang daun. Beberapa hari kemudian , dipermukaan bawah daun, dari bercak tersebut keluar kumpulan jamur berwarna kehitaman. Tampak atas, daun terlihat bercak kotak-kotak berwarnakuning hingga kecokelatan. Jamur ini menyebar cepat dengan bantuan air dan angin, bila tidak segera ditanggulangi maka daun akan menjadi rontok dan berpengaruh terhadap proses fotosintesis.

Cara pengendalian penyakit ini adalah: 1.Petik daun terinfeksi dan bakar untuk menghindari jamur tersebar oleh angin, 2. Kurangi kelembaban dengan mengatur irigasi dan jarak tanam, 3. Semprotkan fungisida berbahan aktif metalaksil, propamokarb HCL, propineb, fluopikolid, azoxistrobin, mankozeb, simoksanil, dan tebukonazol.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...