Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

Antisipasi El NiNo Kemendag MoU Impor Beras Dengan India-Pakistan

Benih.Info – Menghadapi fenomena El nino 2016, kementerian perdagangan melakukan MoU dengan negara India dan Pakistan terkait ijin Impor untuk menjaga ketersediaan stok beras. Senada dengan hal itu Kementan memahami karena ini baru sekedar MoU, stok beras di Cipinang sendiri sebenarnya cukup.

Dikutip dari detikFinance selasa (12/1/2016) Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Hasil Sembiring berujar “Pasokan beras di Cipinang malah sekarang naik 15%, bahkan nanti Februari sudah panen 1 juta hektar (ha), ada produksi sekitar 3 juta ton beras”. Beliau menegaskan “Kebutuhan per bulan kita 2,67 juta ton. Jadi cukup”. Satu juta ha tersebut diharapkan dapat menambah pasokan 5,2 juta ton Gabah Kering Giling (dengan asumsi produktivitas terjaga sebesar 5,2 ton/ha). Stok beras ini belum termasuk cadangan beras yang ada di pedagang, peggilingan dan masyarakat.

Kemendag sendiri melakukan MoU ini belajar dari pengalaman fenomena El Nino yang mengakibatkan ketahanan stok beras kita terganggu, “Sekarang yang masih kita khawatirkan el nino. Biasanya 2 kali hantaman, pertama waktu Oktober-November yang menyebabkan pergeseran musim tanam padi. Stok (beras) kita jadi berkurang. Sekarang kita siap-siap kalau sampai ada hantaman kedua di Februari. Sekarang sedang kita koordinasikan,” papar Menteri Perdagangan Thomas Lembong.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...