Info Terbaru Seputar Pertanian

Share, Educate & Fun

3 Metode Penanaman Hidroponik

Benih.Info-Air adalah media utama yang terpenting di dalam pertanian hidroponik, dikarenakan air adalah media pengganti tanah di dalam pertanian hidroponik

Selain itu seperti sabut kelapa, kerikil, pasir, pecahan batu karang, potongan kayu dan busa adalah media media pengganti selain tanah

3 teknik dasar, yang harus diketahui untuk penanaman hidroponik antara lain :

A. Hidroponik Kultur Air. Untuk metode ini, pada bagian dasar media diletakkan larutan hara makro dan mikro. Fungsinya agar akar tanaman bisa menyerap larutan nutrisi.

B. Hidroponik Kultur Agregat. Metode ini memanfaatkan arang sekam padi, pasir, kerikil serta bahan lain yang sudah disterilkan sebagai media tanamnya.

C. Hidroponik Nutrient Film Technique. Pada metode ini, pot tanaman mirip sebuah parit panjang yang dialiri air penuh nutrisi hara. Tujuannya, di sekitar akar tanaman akan muncul lapisan tipis yang merupakan sumber makanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar teknik menanam dengan menggunakan teknik hidroponik ini bisa berhasil adalah :

  1. Dikarenakan tanaman hidroponik menggunakan media air di dalam perkembangannya maka perhatikanlah dengan kuakitas airnya.
  2. Unsur media tanam sebaiknya bisa menjaga kelembaban, drainase yang baik, adanya unsur hara di dalamnya.
  3. Berilah nutrisi secara teratur
  4. Jagalah asupan oksigen agar tetap terjaga selama melakukan teknik penanaman Hidroponik

 

 

 

 

 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...